nana07official
Menikmati pesona alam hutan tak perlu jauh-jauh pergi ke luar kota. Ternyata di Jakarta pun anda bisa menikmatinya. Bila berkenan Anda bisa mengunjungi Taman Margasatwa Muara Angke. Kawasan ini berada persis di seberang komplek Ruko Niaga Mediterania, pantai indah kapuk.

Kawasan Margasatwa ini memang satu-satunya kawasan konservasi di Jakarta sekaligus yang terkecil di Indonesia. Wilayah ini didaulat sebagai cagar alam oleh pemerintah Hindia Belanda pada 17 Juni 1939. 60 Tahun kemudian, status cagar alam ini berubah menjadi suaka margasatwa lewat SK Menteri Kehutanan dan Perkebunan No 097/Kpts-II/1998.

Walaupun termasuk kawasan margasatwa terkecil dengan hanya memiliki luas 25,02 hektar, kawasan ini memiliki peranan penting dalam upaya pelestarian burung di dunia. Buktinya, Birdlife International memasukkan kawasan Muara Angka sebagai Important Bird Areas di Pulau Jawa. Tercatat ada 91 jenis burung, terdiri dari 28 jenis burung air dan 63 jenis burung hutan yang hidup di wilayah ini. 17 jenis diantaranya adalah hewan yang dilindungi seperti Bangau Bluwok.

Selain itu beberapa jenis burung endemik Pulau Jawa juga bisa Anda temukan di sini, seperti Cerek Jawa dan Bubut Jawa. Selain burung, SMMA juga menjadi habitat kelompok monyet ekor panjang. Tak hanya itu, kawasan ini juga merupakan rumah bagi aneka flora. Tercatat sekitar 30 jenis tumbuhan ada di sini, 11 di antaranya adalah jenis pohon bakau seperti Api-api dan Pidada.

Di kawasan SMMA terdapat jembatan kayu sepanjang 800 meter yang bisa Anda telusuri untuk melihat langsung kehidupan flora dan fauna di sini. Selain itu terdapat pula perahu mesin untuk mengelilingi kawasan hutan bakau SMMA. Bila Anda berkenan mengunjungi kawasan ini, Anda terlebih dahulu harus mendapat izin dari Kantor Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI Jakarta.

Suaka Margasatwa Muara Angke (SMMA) terletak di Kelurahan Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Menuju tempat ini dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum dari stasiun kota maupun terminal tanjung priok. 





































































































| edit post
Reactions: 
0 Responses

Post a Comment

silahkan tinggalkan comment yang bermutu . . . . .

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...